Pandemi Menjadi Momentum Bisnis Kekinian (2)

Iseng, saya tergelitik mengkepoin, bagaimana kecenderungan bisnis masa kini. Benar, saya simpulkan bahwa enterpreneurship menemukan momentumnya. Benar, kesempatan tidak datang dua kali. Pandemi harus disikapi dengan berpikir, hal ini menjadi “kesempatan emas” bagi banyak orang; termasuk menjadikannya sebuah momentum membangun usaha. Salah satu yang membukakan peluang itu, justru distimulir oleh akosistem masyarakat teknologi komunikasi sendiri. Melanjutkan artikel sebelumnya, saya tambahkan kecenduran baru itu.

Menarik, anak muda sekarang makin banyak yang tertarik menekuni bisnis. Kecenderungan ini turut membuat marak dan menggairah aktivitas mereka. Kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk menjalankan bisnisnya sendiri karena dinilai punya prospek yang lebih menjanjikan. Para pengusaha muda yang hadir ini mampu membawa warna baru karena mereka mampu menciptakan kreativitas yang bisa diterima oleh para generasi milenial. Kalau membrowsing, setidak ada lima bisnis yang menjanjikan untuk tahun 2022 ini. Kelima bisnis itu:


Pertama, Bisnis Kuliner. Bisnis yang satu ini terbukti menjadi bisnis yang tidak lekang oleh waktu, meskipun cara pemasarannya harus tetap mengikuti perkembangan zaman. Berbagai jenis menu seperti seblak, corn dog, boba, atau makanan frozen, masih menjadi menu kuliner yang diminati banyak orang. Untuk itu, serius pada bisnis ini akan menjadi jalan sukses mereka. Penting untuk kamu harus memasarkan bisnis kamu melalui online karena saat ini orang-orang lebih sering berselancar di media sosial. Kamu bisa mulai memasang iklan di media sosial dan memberikan promo atau potongan harga supaya orang-orang tertarik dan ingin mencoba menu kuliner yang kamu jual.


Kedua, Bisnis Jasa Internet Marketing. Maraknya penggunaan bisnis online di Indonesia menjadi salah satu peluang bisnis tersendiri bagi orang-orang yang mahir dalam bidang internet marketing seperti misalnya copywriting, content creator, dan bidang pemasaran lewat media sosial seperti Facebook ads. Tentu saja tidak semua orang bisa melakukannya. Bagi yang memang mahir dalam bidang ini, peluang untuk anda terbuka lebar. Jangan lupa untuk terus meng-upgrade wawasan anda agar kian terasah kemamouannya dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi.


Ketiga, Bisnis Dekorasi DIY (Do It Your self). Walaupun saat ini semua kebutuhan manusia sudah tersedia dan bisa dibeli melalui online, tapi kreasi-kreasi DIY masih punya peminatnya sendiri. Dalam membuat kreasi DIY, kamu tidak harus selalu menggunakan barang atau hiasan yang baru, kamu bisa saja memakai barang-barang yang sudah tidak terpakai, karena yang paling dibutuhkan dalam bisnis DIY ini adalah kreatifitas kamu dalam membuat karya yang unik dan menarik. Jika kamu adalah orang yang kreatif dan mahir dalam membuat berbagai dekorasi, bisnis DIY ini sangat cocok kamu jadikan sebagai ladang usaha di tahun 2022. Menyimak bacaan dari buku sepuasnya secara online bisa membuka wawasan anda. Ada banyak inspirasi yang bisa digagas. Kita bisa membuat vas bunga, hiasan dinding, dekorasi meja dan masih banyak lagi sesuai dengan pesanan yang bisa kita kreasikan.


Keempat, Bisnis Pelatihan Online. Pelatihan online tengah menjadi trend bisnis terutama di kalangan anak muda. Hal ini karena penggunaan teknologi dan internet yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu, pelatihan online ini juga bisa dengan mudah diakses dimana saja sehingga akan sangat memudahkan orang-orang dari berbagai daerah yang ingin ikut bergabung, karena mereka tidak perlu repot datang langsung ke gedung tempat acara tersebut. Pelatihan online ini biasanya meliputi pelatihan menulis, berbisnis, marketing, dan lain-lain, peserta rapat juga akan mendapatkan video pelatihan, e-book gratis, dan materi pelatihan dalam bentuk pdf dan word document. Maraknya bisnis pelatihan online ini berhasil menjadi trend dan bisa menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan.


Kelima, Youtuber dan Influencer. Berkembangnya teknologi yang semakin pesat, menjadi seorang Youtuber dan influencer kini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Ditambah lagi, tidak terlalu membutuhkan banyak modal tapi yang terpenting kamu konsisten dan kreatif dalam membuat banyak konten yang menarik serta informatif supaya semakin banyak orang yang merasa tertarik juga terhibur setelah menonton konten yang kamu sajikan. Untuk konten awal, kamu bisa membahas dan memberikan opini mengenai suatu topik yang sedang viral. Jumlah penonton dan pengikut kamu nantinya tergantung dari rajinnya kamu membuat konten baru. Yang perlu diingat, usahakan untuk selalu konsisten membuat konten yang edukatif, hindari membuat konten atau drama yang negatif supaya kamu bisa menjadi Youtuber dan influencer yang sukses.