Kiat sehat saat puasa

Di bulan Ramadan kadang-kadang kita justru berlebihan saat makan sehingga yang seharusnya puasa menjadikan diri kita lebih sehat justru membuat sebaliknya. Untuk itu jika berbuka puasa lalukan langkah-langkah berikut:

  1. Berbukalah tepat pada waktunya, jangan sengaja diundur atau diperlambat. Saat berbuka awalilah dengan makanan yang manis-manis secukupnya, namun jangan berlebihan, ini penting untuk menormalkan kadar gula dalam tubuh.
  2. Jangan langsung menyantap makanan besar (nasi dan lauk pauknya). Makanlah secara bertahap dan jangan makan dalam jumlah yang berlebihan karena lambung membutuhkan ruangan kosong untuk mencerna makanan.
  3. Makanlah dengan menu seimbang, artinya yang dapat mencukupi semua unsur zat gizi.
  4. Selalu sertakan buah-buahan dan sayuran sebagai sumber vitamin, mineral dan serat yang penting bagi kesehatan tubuh.
  5. Untuk menjaga stamina tubuh, konsumsilah air putih dalam jumlah yang cukup. Saat puasa tubuh lebih peka terhadap kekurangan air dibanding keku rangan makanan.
  6. Biasakan makan sahur dengan makanan yang seimbang, terdiri dari sumber karbohidrat, protein, sayur-sayuran, dan buah-buahan.
  7. Setelah berbuka atau sahur jangan langsung tidur. Tubuh memerlukan waktu untuk mencema makanan.
  8. Perlu juga diingat, aktivitas fisik saat berpuasa jangan dikurangi. Berlakulah seperti hari-hari biasa dan jangan menjadikan puasa sebagai kambing hitam penyebab timbulnya rasa lemah, letih dan lesu sehingga mengurangi aktivitas fisik.
  9. Menimbang berat badan secara berkala, merupa kan salah satu cara mawas diri akan penurunan atau penambahan berat badan yang tidak diinginkan.