Janji PKS Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Bawah

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, mengadakan pertemuan dengan simpatisan dan relawan, Sabtu (30/9/2023). Acara yang digelar di Markas Center Kelapa Dua itu dihadiri anggota DPR-RI Dr.H. Mulyanto, M.Eng, yang juga Wakil Ketua Fraksi PKS DPR-RI, Teuku Muhammad Zacky, anggota DPRD Provinsi Banten, dan Sambudi Doyo, caleg PKS untuk DPRD Kabupaten Tangerang.

Pertemuan tersebut memperkenalkan lebih jauh Teuku Muhammad Zacky dan Sambudi Doyo yang pada pemilu legislatif 2024 ini menjadi bakal calon DPRD Provinsi Banten (Teuku Muhammad Zacky), dan Sambudi Doyo untuk DPRD Kabupaten Tangerang. Sementara Dr. Mulyanto, juga adalah bakal calon anggota DPR dapil Tangerang Raya untuk DPR-RI.

Warga yang hadir datang dari seputar Kec.Kelapa Dua, termasuk Kelurahan Bonang, tempat Zacky dan Sambudi Doyo bermukim.

Dalam sambutannya Dr. Mulyanto, yang juga anggota Komisi VII DPR-RI, menjelaskan bahwa PKS adalah partai yang konsisten memperjuangkan aspirasi rakyat dan membela kepentingan rakyat.

Ia melihat situasi sekarang ini mendorong pentingnya dilakukan perubahan. Sebagai orang yang telah memiliki pengalaman yang panjang, baik politik maupun birokrasi, Mulyanto mengatakan, beberapa hal kekelemahan dalam penerintahan yang terjadi akhir-akhir ini, menuntut adanya perubahan yang lebih baik.

“Perubahan itu harus diperjuangkan, dan perjuangan butuh pengorbanan. Dan jangan khawatir pengorbanan itu tidak bakal sia-sia,” ujarnya.

Mulyanto menjelaskan, perubahan itu tidak bisa dilakukan secara per-orangan, Perubahan harus dajukan secara bersama-sama. “Dan perjuangan secara tim insya Allah berhasil,” tegasnya.

Sementara itu Teuku Muhammad Zacky berjanji, bahwa ia akan berjuang untuk masyarakat bawah. Dan, perjuangan itu memang dari sini dimulai.

Menurut caleg PKS untuk DPRD Banten ini, banyak advokasi yang bisa dilakukan. Misalnya, untuk masyarakat miskin yang tidak mampu membayar BPJS. Seperti sekarang ada program BPJS gratis. Namun, belum dilaksanakan. “Ini juga memerlukan advokasi kesehatan untuk diberikan ke masyarakat. Semua ini banyak manfaatnya yang perlu diperjuangkan,” paparnya.

Anggota DPRD Banten Komisi 1 ini menambahkan, masalah pengangguran juga tinggi di Banten, yang angkanya mencapai sekitar 800 ribu. “Bahkan, ada upaya untuk menghapus tenaga honorer, tapi setelah diperjuangkan Komisi 1 DPRD, tidak jadi dihapuskan. Di Banten banyak pabrik besar, namun belum mampu menyerap semua tenaga kerja,” jelasnya.

Mengenai infrastruktur ia mencontohkan di wilayah Bojong Nangka, 80 persen jalan bagus, tapi muncul masalah banjir. “Karena itu perlu program memperbaiki saluran air,” ujar Zacky, yang juga Ketua PKS Muda Kabupaten Tangerang ini.

Demikian juga sekolah masih dirasakan belum memadai. Lulusan banyak tiap tahun, tapi sekolah jumlahnya sedikit. “Di Kecamatan Kelapa Dua, Tangerang, hanya 30 persen lulusan yang bisa diterima,” ungkap anggota DPRD termuda provinsi Banten ini.

Sementara itu, Sambudi Doyo adalah kader PKS yang untuk pertama kali jadi caleg DPRD. Ia caleg di Dapil 6 Kab. Tangerang meliputi Kec. Kelapa Dua, Legok, Pagedangan dan Cisauk.

Sambudi cukup lama aktif di PKS, sejak partai ini dibentuk dan masih bernama Partai Keadilan tahun 1998. “Saat ini saya ditugaskan partai untuk menjadi caleg di Kabupaten Tangerang,” ujar Sekretaris Hukum dan Kebijakan Publik PKS Kec. Kelapa Dua ini.

Sebagai aktivis partai, Sambudi cukup aktif di lingkungannya menyerap aspirasi publik. Di antaranya ikut mengusahakan masuknya PDAM dan gas alam buat perumahan, antara lain di Kel. Bojong Nangka. Untuk itu ia berhubungan dengan Dr. Mulyanto, anggota Komisi VII DPR -RI yang juga dari Fraksi PKS, salah satu mitra kerjanya Pertamina.