Melawan Kebodohan Spiritual

Oleh : Tsulasiah Amanah

Konon, di  abad ke-21 ini kita hidup dalam budaya yang “bodoh secara spiritual”. Sinyalemen itu berasal dari Danah Zohar dan Ian Marshall dalam buku mereka,  SQ Spiritual Intelligence, The Ultimate Intelligence. Yang jadi rujukan mereka adalah masyarakat Barat, yang dicirikan dengan keegoisan, materialisme, absennya  moral, nilai-nilai dan  rasa kekeluargaan, dan akhirnya, tak ada makna hidup.

Menurut Zohar dan Marshal, untuk mencapai kehidupan yang bermakna,  yang mereka sebut  kebutuhan dasar manusia,diperlukan kecerdasan spiritual atau spiritual quotient (SQ). Ini adalah kecerdasan tertinggi yang dimiliki manusia. Jika kecerdasan pertama (IQ) merupakan ukuran kecerdasan rasional dan intelektual, dan kecerdasan kedua atau kecerdasan emosional (EQ) merupakan kapasitas untuk berempati dengan emosi orang lain dan bereaksi secara sesuai, maka kecerdasan yang ketiga yaitu SQ digunakan untuk menyeimbangkan makna nilai, dan menempatkan kehidupan kita dalam konteks yang lebih luas.      

Menurut Danah Zohar, kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang bertumpu pada bagian dalam diri kita yang berhubungan dengan kearifan di luar ego atau jiwa sadar. Penggagas istilah teknis SQ (kecerdasan spiritual) ini  mengatakan bahwa kalau IQ bekerja untuk melihat ke luar (mata pikiran), dan EQ bekerja mengolah yang di dalam (telinga perasaan), maka SQ  menunjuk pada kondisi ‘pusat-diri’. Ini adalah kecerdasan yang mengangkat fungsi jiwa sebagai perangkat internal diri yang memiliki kemampuan dan kepekaan dalam melihat makna yang ada di balik kenyataan apa adanya ini. Karena itu, kecerdasan spiritual lebih berurusan dengan pencerahan jiwa. Orang yang ber-SQ tinggi mampu memaknai penderitaan hidup dengan memberi makna positif pada setiap peristiwa, masalah, bahkan penderitaan yang dialaminya. Dengan pemberian makna yang positif itu, ia mampu membangkitkan jiwanya dan melakukan perbuatan dan tindakan yang positif.

Dari perspektif Islam, kecerdasan emosional, kecerdasan sosial maupun kecerdasan spiritual, hakikatnya bersumber dari kecerdasan kalbu, atau yang sehari-hari disebut hati atau hati nurani. Rasulullah Muhammad saw pernah menggambarkan bahwa kalbu merupakan sumber kekuatan, sumber kebajikan dan sumber keunggulan manusia.

Sebagaimana sabdanya: “Ketahuilah bahwa sesungguhnya pada diri manusia terdapat suatu unsur yang disebut mudghah. Jika mudghah itu baik (unggul) maka unggullah seluruh diri manusia, dan jika mudghah ini buruk maka buruklah seluruh diri manusia. Ketahuilah bahwa itulah yang disebut dengan kalbu.” Dalam bahasa sehari-hari kalbu diartikan hati (heart).

Menurut filosof Franz Magnis-Suseno, kesadaran moral dalam bahasa sehari-hari juga disebut suara hati. Manusia berkesadaran moral sama dengan mempunyai suara hati. Mereka mempertimbangkan tindakan dengan hati. Atas bimbingan suara hati, muncul keberanian yang membawanya kepada pilihan bernilai. Suara hati bagai panggilan suatu realitas personal yang berkuasa atas diri kita yang, jika kita mengikutinya, membuat kita merasa bernilai, aman, dan sedia untuk menyerah.

Pendidikan agama sejatinya bisa menjadikan anak didik cerdas secara spiritual. Namun, jika kita melihat kurikulum pendidikan agama, tampaknya lebih mengajarkan dasar-dasar agama, sedangkan akhlak atau kandungan nilai-nilai kebaikan belum banyak dikedepankan. Metode pendidikannya pun lebih mengarah pada pendekatan kognitif. Yakni dengan hanya mewajibkan peserta didik untuk mengetahui dan menghafal (memorization) konsep dan kebenaran, tanpa menyentuh perasaan, emosi, dan nuraninya. Selain itu tidak dilakukan praktik perilaku dan penerapan nilai kebaikan dan akhlak mulia dalam kehidupan di sekolah.  Ini merupakan kesalahan metodologis yang mendasar dalam pengajaran moral bagi manusia. Karena itu tidak aneh jika banyak sekali dijumpai inkonsistensi antara apa yang diajarkan di sekolah dan apa yang diterapkan anak di luar sekolah. 

Oleh karena itu peran orang tua dalam pendidikan agama untuk membentuk keperibadian atau akhlak anak menjadi amat mutlak, karena melalui orang tua pulalah anak memperoleh kesinambungan nilai-nilai kebaikan yang telah ia ketahui di sekolah.  Tanpa keterlibatan orang tua dan keluarga maka sebaik apa pun nilai-nilai yang diajarkan di sekolah akan menjadi sia-sia, sebab pendidikan karakter atau akhlak harus mengandung unsur afeksi, perasaan, sentuhan nurani, dan unsure konatif dalam bentuk amalan kehidupan sehari-hari.

Menumbuhkan SQ Peserta Didik

Mengacu pada pendapat Danah Zohar dan Ian Marshall,  beberapa hal berikut ini bisa dilakukan untuk   menumbuhkan kecerdasan spiritual peserta didik di sekolah.  Pertama, melalui “jalan tugas”. Berikan ruang kepada siswa untuk melakukan kegiatannya sendiri dan latih mereka memecahkan masalahnya sendiri.Untuk itu guru tidak perlu terlalu khawatir peserta didik  akan melakukan kesalahan. Dalam setiap kegiatan belajar mengajar, beri tahu manfaat mengapa mereka  perlu mempelajari hal tersebut sehingga mereka  memiliki motivasi untuk memperdalam materi tersebut yang muncul dari dalam dirinya. 

Kedua, melalui “jalan pengasuhan”. Pendidik perlu menciptakan suasana kelas penuh kegembiraan di mana setiap peserta didik saling menghargai, saling memaafkan jika  terjadi konflik satu dengan yang lain. Setiap konflik atau masalah muncul, guru perlu menjadikannya momentum bagi seluruh peserta didik untuk bertumbuh dalam kecerdasan spiritual (SQ). 

Ketiga, melalui “jalan pengetahuan”. Pendidik perlu mengembangkan pelajaran dan kurikulum sekolah yang mampu mengembangkan realisasi diri peserta didik. Misalnya, kurikulum yang bisa melatih kepekaan peserta didik terhadap berbagai masalah aktual, di mana merka diajak berefleksi  tentang makna, bagaimana dia dapat ikut serta memecahkan masalah- masalah aktual tersebut. Peristiwa-peristiwa bencana alam, banjir, dan tanah longsor di mana begitu banyak orang yang mengalami perubahan hidup secara tiba-tiba dan menjadi menderita. Di sini kepekaan terhadap nilai dan makna kemanusiaan dapat ditumbuhkan apabila peserta didik diajak untuk berefleksi, menyadari dan ikut merasakan bagaimana berada seperti orang lain. 

Keempat, melalui “jalan perubahan pribadi” (kreativitas). Dalam setiap kegiatan belajar mengajar seharusnya guru merangsang kreativitas peserta didiknya. Anak-anak itu sebenarnya memiliki imajinasi dan daya cipta yang sangat tinggi. Kelima,  melalui “jalan persaudaraan”. Hukuman fisik dan olok-olok, perkelahian dan saling mengejek antar murid perlu dihindari karena dapat menghambat SQ). Sebaliknya, guru perlu mendorong setiap peserta didik untuk saling menghargai dan saling memahami pendapat dan 
perasaan masing-masing.

Terakhir, melalui “jalan kepemimpinan yang penuh pengabdian”. Gurulah yang menjadi model seorang pemimpin yang diamati oleh peserta didik.  Pengalaman peserta didik bagaimana dilayani dan dipahami sungguh- sungguh oleh guru mereka  adalah pengalaman yang secara tidak langsung  mengajarkan kepada peserta didik bagaimana layaknya perilaku seorang pemimpin: bahwa pemimpin yang efektif itu adalah yang mengerti dan memahami bawahannya, melayani kepentingan bawahannya dan bukan hanya mengurus kepentingan dirinya sendiri.

TSULASIAH AMANAH

Kepala SMP Terpadu Sindangkarya Anyar,  lulusan Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

123 thoughts on “Melawan Kebodohan Spiritual

  1. Fony available on Windows 10

    Inkspace is a participant in the Amazon Services LLC Associates Program, an affiliate advertising program designed to provide a means for sites to earn advertising fees by advertising and linking to Amazon.com.DETAILS

    Shipping & Returns

    Shipping Method:- Usually take 7-10 business days for shipment from Spain (mainland).- Special order(Customs issues), please note that shipping time of this https://biartictempccut.weebly.com

    6add127376 daylatr

  2. Like every autorun tool the application is still under development and is written in C (using Windows.h).
    Expected developments:

    multifile architecture
    Quick and Simple autoplaying
    Audio decoders on chiptune crossover

    Features:

    Small size
    Fast startup
    Automatic Audio CD brand detection
    Automatic audio CD load
    Automatic custom configuration file detection
    Language switching
    Revision control
    Custom button in main window
    Custom Screens http://xn—-htbdaanklceuiebov6r.xn--p1ai/bitrix/redirect.php?event1=&event2=&event3=&goto=https://teteloovi.weebly.com

    6add127376 taidnela

  3. LinkCollector is freeware and doesn’t consume much disk space or system resources. Even though it contains just a couple of basic features, the app is available in the Czech language, which we rated very cool.
    There’s no need to make certain you meet its standard requirements and to constantly monitor the program’s resources as it requires many resources to work.
    It will not perform well if you encounter a frequently visited website that created a lot of entries in the database.
    LinkCollector https://leidownvicu.weebly.com

    6add127376 caressa

  4. Leave a Comment

    About

    Hotel is a leading hotel comparison and booking platform in Europe.

    Hotel comprare si trova

    Hotels as well as apartment, beds and vacation rentals in the most beautiful destinations in the world.
    Stay in the world’s most comfortable hotels. Hotels or apartment booking is very simple with the Hotel directory.

    Hotel Directory

    Since 2007, our team has been working constantly on expanding the Hotel directory to http://primaria-fagaras.ro/?URL=https://gsergenrire.weebly.com

    6add127376 walwyl

  5. – It comes with an MS-DOS version that works in Windows 9x/Me as well as on MS-DOS boot media.
    Finally, I must emphasize that these programs were specifically designed to work with windows and batch files. As such, I don’t believe it will work well with other OS-es and scripting languages. Also, these programs were developed by Michael B. Wilkes, who no longer works for Microsoft. Thus, we may have multiple bugs and issues to work out http://cse.google.kz/url?sa=i&url=https://hardlectmatua.weebly.com

    6add127376 caiuins

  6. Konulu Porno izle, Konulu Sex. Yeni eklenenler.
    Yen eklenenler Çok izlenenler Uzun pornolar Popüler pornolar Rasgele porno.

    Çok Sevdiği Üvey Annesini Sonunda Sikiyor. 178 kez izlendi.
    Komşu Ablasını Mutfakta Sikiyor. 160 kez izlendi.
    Yengesi Onu Chat de Seks Yaparken Yakalıyor.

  7. Kocası karısının sikişini izliyor Porno, Xvideos, Sikiş izle, Porno
    Tube, Türk Porno, Redtube. SELAM BEYLER BEN LEYLA 33 YAŞINDA DULUM KENDİNE GÜVENEN CİDDİ VE.
    ZAYIF BEYLERİN. ARAMASINI BEKLİYORUM:) NUMARAM: 0035.

  8. Carmen electra erotik film bedava By 3 hafta önce boşalma pornosu 2 İzlenme Paylaş Tweet
    on Twitter Share on Facebook Google+ Pinterest Otel barında hoş bayana
    sıcak dakikalar yaşatıyor etek alti am kuz resimleri carmen electra erotik film
    bedava yabancı altyazılı sikiş filmi izle bedafa at sikleri seyret.

  9. Lezbiyen Plaj movies. XXXDan page 1 of 2 videos Gizli kam içinde
    the çıplak plaj yakalandı seksi bebek. 10:13.
    lesbian babes bikini beach long hair tits 04:02. big butt big tits fetish
    hardcore matures milf femdom teasing bdsm. 08:07.
    asian group sex japanese. 27:54. milf lesbian. 32:58.
    lesbian big tits blonde beach. 19:04. sahilde.

  10. https://711casino.net/baccaratsite/
    Excellent post, these tips are exactly what I needed. My main goal for 2019 is to become more focused and consistent. With so many distractions online, it’s a challenge to stay on course building my website. This upcoming new year, I’ve decided to turn off all social media for certain times throughout my work day to help me get the most out of my time online. Is there a Chrome extension that would help with this?

  11. May I just say what a comfort to discover somebody who truly understands what
    they are talking about on the net. You actually know how to bring an issue to light and make it important.
    More people have to check this out and understand this side of the story.
    I can’t believe you’re not more popular given that you definitely
    possess the gift.

  12. Having read this I thought it was really enlightening.
    I appreciate you finding the time and energy to put this article together.
    I once again find myself spending a significant amount of time both reading and
    commenting. But so what, it was still worth it!

  13. Hey! I know this is kind of off topic but I was wondering which blog platform are you using for this website?

    I’m getting fed up of WordPress because I’ve
    had problems with hackers and I’m looking at alternatives for another platform.

    I would be great if you could point me in the direction of a good platform.

  14. Ahora, la tecnología de posicionamiento se ha utilizado ampliamente. Muchos automóviles y teléfonos móviles tienen funciones de posicionamiento, y también hay muchas aplicaciones de posicionamiento. Cuando se pierde su teléfono, puede utilizar estas herramientas para iniciar rápidamente solicitudes de seguimiento de ubicación. ¿Entiende cómo ubicar la ubicación del teléfono, cómo ubicar el teléfono después de que se pierde?

  15. PBN sites
    We shall generate a structure of PBN sites!

    Merits of our PBN network:

    We carry out everything SO THAT GOOGLE DOES NOT comprehend that this A PBN network!!!

    1- We acquire domains from distinct registrars

    2- The primary site is hosted on a virtual private server (VPS is high-speed hosting)

    3- Other sites are on various hostings

    4- We attribute a separate Google profile to each site with verification in Google Search Console.

    5- We create websites on WP, we do not use plugins with assisted by which Trojans penetrate and through which pages on your websites are created.

    6- We never duplicate templates and utilise only exclusive text and pictures

    We never work with website design; the client, if desired, can then edit the websites to suit his wishes

Leave a Reply

Your email address will not be published.